RSS

Cara untuk jadi orang yang sukses

25 Mar

Orang rata-rata bekerja untuk mendapatkan asset (harta produktif) seperti:
– tanah yang di kebunkan
– rumah yang di kontrakan
– motor yang di ojeg-kan

Hal ini umum namun masih punya kelemahan
– modal yang besar, kalau tidak punya modal berarti tidak punya harta produktif dong
– ada biaya penyusutan, kerusakan, pajak, listrik
– resiko yang terlampau besar jika gagal
– harus kerja full time untuk punya asset , kalau sakit dan tidak bisa bekerja, maka tidak punya harta produktif dong

Kiat-Kiat Menjadi Orang yang Sukses dan Mulia

v     Beribadah dengan cara yang benar

Jika hidup tanpa ibadah yang benar ibarat hidup tanpa pondasi, bangunan tanpa pondasi akan roboh dengan ibadah yang benar Insya Allah akan mebuat kita semakin tawadhu dan kokoh kepada Allah

v     Berakhlak baik

Ibadah bagus siang malam, tapi selesai sholat mulut kotor, tidak jujur, apalah artinya ibadah, kalau tidak di barengi akhlak baik maka perlu 5S

( Senyum, Salam, Sapa, Sopan & Santun )

Pemimpin adalah TELADAN kalau memimpin dan mengatur diri sendiri tidak mampu bagaimana mungkin kita bias mengatur dan memimpin orang lain, BUKTIKAN!!!!!!!!

v     Belajar tiada henti

Akhlak sudah baik, ibadah bagus tapi itu tidak cukup karena masalah akan bertambah, potensi konflik bertambah, kebutuhan semua bertambah, bagaimana mungkin menyikapi segala yang makin ruwet dengan ilmu yang tidak bertambah.

Ciri sukses adalah orang-orang yang cinta ilmu dengan belajar.

Kesuksesan hari ini tidak berarti besok kita akan meraih sukses lagi tanpa kesiapan diri dan berjuang lebih keras, maka sukses akan sulit dipertahankan!!!!

v     Bekerja dengan 5 AS

o       Kerja Keras,

o       Kerja Cerdas,

o       Kerja Kualitas,

o       Kerja Tuntas,

o       Kerja Ikhlas.

Yang harus menjadi standar ada pada diri kita adalah bekerja optimal dengan pemikiran yang cerdas karena ada yang kerja keras tetapi akal tidak digunakan akibatnya cuma jadi pekerja keras saja.

v     Bersahaja dalam hidup

Ada orang yang bekerja keras tetapi sia-sia, karena ditipu oleh keborosan, bermegah-megah, diperdaya, dikutuk oleh orang lain, dan menjadi kedengkian. Kenapa??????karena tidak tidak bersahaja, padahal akibat gemar bersahaja maka kemampuan keuangan kita lebih tinggi diatas kebutuhan sehingga bisa menyimpan uang bersodaqoh, dan berinvestasi, budaya masyarakat kita diharapkan bukan budaya punya barang, tapi budaya berinvestasi akibatnya selalu punya nilai tambah.

v     Bantu Sesama

Alat ukur sukses kita setelah bersahaja adalah punya kelebihan untuk memajukan orang-orang yang benar-benar tidak mampu dengan memberi bantuan seperti Sembako, dll. Kesuksesan kita mulai diukur dengan kemampuan membantu orang lain, membuat lapangan kerja sebanyak mungkin, sehingga orang lain lebih maju lagi dengan mempunyai tata nilai yang sama dengan kita.

Ibadah yang bagus, akhlak yang bagus, terus berusaha untuk belajar menambah ilmu, bekerja keras dengan saling tolong menolong.

v     Bersihkan hati selalu

Mengapa?????Allah tidak menerima amal, kecuali ikhlas jangan merasa ujub, dengan tidak merasa berjasa, dengan tidak merasa paling bisa, dengan tidak merasa paling mulia, tetapi semuanya karena Allah. Alhamdulillah!!!!!!!!

Semua ini adalah karunia Allah kita harus merasa beruntung karena dijadikan jalan; Jalan rezeki bagi tetangga, jalan ilmu bagi semua orang, jalan kesuksesan bagi semuanya Allahlah yang memberi.

Inilah orang yang akan sukses, karena dia tidak menjadi sombong apalah artinya kita mendapatkan banyak hal kalau kita tidak mendapat ridlo dari Allah karena kesombongan kita. Dengan cara beribadah yang benar, membuat kita semakin tawadhu, kokoh mengadbi kepada Allah, hati tentram…..

Menurut Teori Robert Kiyosaki bahwa manusia dibagi menjadi 2 Kuadran, yaitu Kuadran Kiri dan Kuadran Kanan. seperti pada gambar dibawah ini :

Yang termasuk dalam kategori Kuadran Kiri diantaranya :
1. Employee ( Karyawan, Buruh )
2. Self Employee (Wirausaha, Dokter, Pengacara, dsb)

Yang termasuk dalam kategori Kuadran Kanan diantaranya :
1. Business Owner (Pengusaha)
2. Investor

Perbedaan dari Kuadran Kiri dan Kanan adalah jika kuadran kiri, mereka harus bekerja untuk mendapatkan uang. Walaupun mereka bergaji besar, penghasilan besar, mereka harus tetap bekerja untuk mendapatkannya. Jika mereka berhenti bekerja, atau mungkin libur, maka mereka tidak akan mendapatkan uang.

Berbeda dengan Kuadran Kanan, “menjadikan Uang bekerja untuk mereka”. walaupun mereka santai dirumah, rekreasi keluar kota, tetapi uang atau penghasilan akan tetap mengalir kedompet mereka.

sumber : Seminar di Universitas Gunadarma dengan tema “Kiat-Kiat Menjadi Pengusaha Sukses”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Maret 2011 in Uncategorized

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: